PERSONALITY KLIEN
Special Marathon Shearing session
*"BASIC Training HIJAMAH Series"*
Suplemen tambahan sebelum Praktek dan mengajarkan Bekam
Judul : DIAGNOSA THIBBNABAWI
SUB TEMA : ASSESSMENT ( Asessment langkah awal Diagnosa )
#CARA BENAR JADI PENGOBAT
______
✍️✅Assessment adalah tentang belajar dari klien dan membangun hubungan terapeutik yang baik.Karena sesungguhnya Kesembuhan selain datangnya dari ALLAH, Tepat diagnosa , tepat terapi /obatnya, adalah Respon positif dari kliennya,
✅Jika kita memiliki keterampilan memahami Personality klien, mereka akan mengajari kita cara bekerja dengan mereka. Dan mengetahui perjalanan penyakit bahkan akar penyakit/keluhan pasien kita
Ini bukan hanya tentang riwayat kesehatan mereka, yang sangat penting, tetapi juga bagaimana persepsi & perasaan mereka ?
Dan setiap personality klien kita tentunya berbeda beda, dan kebutuhan dasar emosinya juga berbeda, Ketika kebutuhan dasar emosi seseorang tidak terpenuhi akan lahir perasaan Sedih ,Takut, Marah, secara terus menerus. Yg menjadi akar terganggunya Keseimbangan Jiwa seseorang. Kesehatan Jiwa sangat Mempengaruhi Kesehatan Fisik seseorang.
✅Berdasarkan cara berkomunikasi (pergaulan), manusia itu digolongkan menjadi dua. *Yaitu extrovert dan introvert*.
✅Berdasarkan pola pikir dan respons terhadap pembicaraan, manusia digolongkan juga menjadi dua, yaitu *logic, orang yang responsif (thinking) dan empatic, yaitu orang yang receptive (feeling)*,
✅Ketika Kombinasi diantara keduanya akan melahirkan Personality
📌✅*Extrovert + Empatic ( Sanguin, si Populer)*
tipe *TABIAT PANAS LEMBAB*
Secara fisik terlihat :Suka bicara, antusias dan ekspresif, emosional dan demonstratif, Ceria dan penuh rasa ingin tahu, Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan), mudah memaafkan, Mengambil inisiatif Menyukai hal-hal yang spontan
dominasi percakapan,hiperbola, Mudah ikut-ikutan , RKP (Rentang Konsentrasi Pendek),berubah-ubah,Tidak disiplin,Egoistis,ikut campur.
*Hasrat Dasar* : Bersenang-senang
*Kebutuhan Emosional :*
perhatian, kasih sayang,dukungan, penerimaan
*Mengendalikan Lewat* : Daya tarik
📌✅ *Ekstrovert + Logic , KOLERIS si Kuat*
*TIPE PANAS KERING*
Secara fisik terlihat :
Senang memimpin, Berkemauan keras dan berorientasi pada hasil,mandiri, Berani mengambil resiko, Tidak begitu perlu teman, Biasanya benar dan punya visi ke depan
Tidak sabar, Senang memerintah, Menyukai kontroversi dan pertengkaran,Terlalu kaku dan kuat/ keras, emosi tidak simpatik, Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain,Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf, Mungkin selalu benar tetapi tidak populer.
*Hasrat Dasar :* mengendalikan
*Kebutuhan Emosional;*
loyalitas, rasa mengendalikan, pengakuan atas prestasi, rasa mengendalikan.
*Mengendalikan Lewat :*
ancaman marah
✅✍️*Introvert + Logic , Melankolis, Si Sempurna*
*TIPE : DINGIN KERING*
Secara fisik terlihat:
Analitis,(filsafat & puitis), Sensitif, idealis, perfeksionis, Senang perincian, tekun, serba tertib dan teratur (rapi), Hemat, Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif , Kalau sudah mulai, dituntaskan, Berteman dengan hati-hati., Puas di belakang layar, menghindari perhatian, Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi, Sangat memperhatikan orang lain
Mengingat yang negatif & pendendam, Mudah merasa bersalah , Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan, Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan , Hidup berdasarkan definisi, Sulit bersosialisasi, Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik dirinya, Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
*Hasrat Dasar :* kesempurnaan
*Kebutuhan Emosional :*
kepekaan, dukungan, ruang, ketenangan,
*Mengendalikan*. :
Berubah rubah suasana hati
📌✅ *INTROVERT + EMPATIC,*
*Plegmatis Si Cinta Damai*
*Tipe Dingin Lembab*
Secara fisik terlihat :
Mudah bergaul, santai, tenang , pendengar yang baik, cenderung bijaksana, Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi), administrasif, dan terorganisasi Baik di bawah tekanan, Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan, Rasa humor yg tajam, Senang melihat dan mengawasi, Berbelaskasihan dan peduli Mudah diajak rukun dan damai
Kurang antusias, Takut dan khawatir, Menghindari konflik dan tanggung jawab, Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar), Terlalu pemalu dan pendiam, Humor kering dan mengejek (Sarkatis), Kurang berorientasi pada tujuan Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri, Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat, Tidak senang didesak-desak, Menunda-nunda / menggantungkan masalah.
*Hasrat Dasar :*
kedamaian
*Kebutuhan Emosional :*
kedamaian & ketenangan, rasa berharga, tidak banyak stress, dihargai
*Cara mengendalikan* :
Menunda nunda
✅ Bagaimana menjalin komunikasi dg berbagai tipe personality klien yg berbeda agar tercipta hubungan saling percaya hingga menimbulkan Empati bagi Penyehat ,dan Keyakinan bagi kliennya
Bagaimana
✅ Bagaimana Memiliki Keterampilan Mendengar
✅ Bagaimana memiliki Keterampilan Memahami klien agar dapat Menyampaikan Informasi dg tepat
✅Bagaimana Memiliki Keterampilan Mengatasi masalah Emosi emosi klien dg berbagai typenya
Catatan
✍️✅ Imam Ibnu Qoyyim Al jauziyyah dalam ath-Thibbun Nabawi
✅Seorang tabib yang mahir hendaknya memiliki keahlian dalam menangani penyakit jiwa,rohani, dan terapinya. Tiga masalah itu adalah tiga dasar yang pokok dalam mengobati penayakit badan. Hal ini disebabkan adanya hubungan antara badan dengan kesehatan hati dan rohani sangat nyata. Sungguh, tabib yang mengetahui perkara penyakit hati dan penyakit jiwa sekaligus cara pengobatannya adalah seorang tabib yang sempurna
✅Seorang tabib yang mahir selalu bersikap lemah lembut ke pada orang yang sakit seperti lemah lembutnya terhadap anak kecil.
wis ngoten mawon
Posting Komentar untuk "PERSONALITY KLIEN"